Kamis, 30 Maret 2017

Kerajinan dari kain Flanel

Kerajinan dari kain Flanel



Hai! Awas laparrr~ kalian jangan salah sangka yaa, walau itu bentuknya donat tapi itu bukan donat yang biasa kita makan lhoo~ tapi itu adalah donat hias yang terbuat dari kain flanel. Kali ini kami akan sharing tentang "Kerajinan dari kain Flanel" serta peluang usahanya!

Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel atau felt yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya.

Seiring berjalannya waktu , flanel  semakin di kenal banyak orang. Terutama , kalangan perajin aksesori. Salah satu hal yang manarik dari kain flanel adalah warnanya yang beragam dan lengkap, selain itu tekstur kainnya yang lembut.

Tidak hanya itu, kain falnel juga sangat mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Oleh karena itu, peluang usaha kerajinan tangan saat ini mulai banyak dilirik dari berbagai kalangan, terutama bagi para ibu rumah tangga.
Di antara kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain flanel adalah boneka, dompet, sarung hape, makanan imitasi, gantungan kunci, bunga, bros, dan masih banyak lagi.
CARA MEMBUAT kANTONG PENSIL DARI KAIN FLANEL
Kerajinan tangan tempat pensil dari kain flanel
Kalau kamu nggak mau punya tempat pensil yang sama dengan temanmu, mending buat aja sendiri. Dengan menggunakan kain flanel, kamu bisa membuat tempat pensil dengan model yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu.

ALAT DAN BAHAN

  • Kain flanel
  • Kancing baju
  • Benang jahit
  • Jarum jahit
LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN
  1. Pertama, potong kain flanel dengan ukuran sesuai keinginan kamu. Buat dua bagian, yang satu lebih panjang dari yang lainnya.
  2. Setelah itu, pasang kancing baju pada kain yang ukurannya lebih kecil.
  3. Setelah kancing terpasang, kemudian jahit kedua buah kain tersebut pada bagian sampingnya.
  4. Buat menjadi berbentuk seperti kantung yang rapi.
  5. Jangan lupa, buat lubang pada bagian kain yang panjang, untuk tempat masuknya kancing baju.
  6. Kantong pensil sudah jadi dan siap digunakan.
Kalau langkah pembuatan di atas masih belum jelas dan kurang bisa dimengerti, lihat video di bawah ini. Ikuti langkah dalam videonya ya, sudah ada ukuran kain dan cara membuatnya kok.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Berbentuk Kuncup Bunga Mawar

Contoh kerajinan tangan kain flanel berbentuk bunga kuncup mawar
Untuk membuat Kuncup Mawar yang terbuat dari kain flanel ini cukup mudah dan dapat dikerjakan sendiri di rumah. Adapun bahan yang diperlukan cukup sederhana, yakni kain flanel isian dan juga beberapa aksesoris tambahan lainnya yang mudah didapat.
Adapun cara membuat kerajinan tangan berbentuk kuncup bunga mawar yang terbuat dari kain flanel adalah sebagai berikut.
Kerajinan tangan berbentuk kuncup mawar dari kain flanel
LANGKAH LANGKAH PEMBUATAN :
  • Selipkan dakon pada lembaran memanjang felt, kemudian bentuk setiga.
  • Raup pola kemudian ikat mati dengan menggunakan benang yang sudah disiapkan. Setelah itu potonglah secara merata pada bagian pangkalnya.
  • Selanjutnya pasang kelopak bunganya, sunflo cukup buat 4 jari saja karena jika kebanyakan hasilnya akan jelek.
  • Nah, agar bunga terlihat indah harus dikasih bagian yang merekah. Caranya cukup mudah, yaitu menyatukan dengan cara menjahit kruistik 4-5 jahitan. Kenapa jangan semuanya? Agar kuncup mawarnya bisa kelihatan sedikit merekah.
  • Hasilnya dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini. Andai kamu kesulitan, dapat dilihat cara pembuatan serta gambar-gambarnya.

Gimana Cara Menjual Kerajinan Flanel?

1. Jual di Toko

dBagi yang punya toko pernak-pernik remaja, toko aksesoris atau toko kerajinan, langsung aja pajang gantungan kunci flanelnya. Profit anda bisa dihitung dari selisih harga beli grosiran dengan harga jual eceran.
Jika tidak punya toko sendiri, anda bisa titip barang di tokonya teman, tokonya saudara atau kios dekat sekolahan yang anda percaya. Tentunya anda harus membuat kesepakatan aturan mainnya, mulai dari sistem pembayaran hingga persentase pembagian keuntungan. Jadi berawal dari jadi reseller selanjutnya anda bisa menjadi distributor gantungan kunci flanel di beberapa toko di daerah anda.

2. Promosi mulut ke mulut

Anda pasti mengenal istilah menjual dari pintu ke pintu (Door to Door) dan dari mulut ke mulut (words of mouth). Strategi penjualan tradisional seperti ini ternyata memang masih tetap efektif hingga sekarang.
Pastikan anda punya rencana bisnis dulu sebelum memastikan menjadi reseller. Lihatlah daftar target pembeli yang ingin anda tawarkan untuk pertama kalinya, lalu lakukan promosi dari mulut ke mulut. Disinilah awal perjalanan anda dimulai, secara perlahan dan pasti. Informasi tentang produk gantungan kunci flanel mulai menyebar dari mulut ke mulut. Dan bersiap-siaplah untuk bertemu calon pelanggan.
Terima Kasih telah membaca! Semoga membantu..




SUMBER TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar